Asus ROG Phone: Ponsel Gaming dengan Fitur Berlebihan

Tertanindo – Setelah Razer Phone dan Black Shark milik Xiaomi, akhirnya terdapat ponsel gaming baru yang mampu menyediakan pengalaman mobile gaming yang lebih. Ponsel tersebut sendiri datang dari brand yang telah lama dikenal di dunia gaming, yakni Asus ROG. Pada acara Computex 2018 di Taiwan, Asus turut mengumumkan produk gaming terbarunya, tak lain tak bukan adalah ponsel gaming yang diberi nama ROG Phone.

Asus ROG Phone Ponsel Gaming dengan Fitur Berlebihan
Asus ROG Phone Ponsel Gaming dengan Fitur Berlebihan

Fitur Gaming yang “Berlebihan”

Jika dibandingkan dengan Razer Phone dan Black Shark, bisa dibilang ROG Phone mempunyai fitur yang jauh lebih digemari oleh gamer. ROG Phone bisa digunakan untuk bermain game tanpa menyentuh layar ponsel karena ponsel gaming ini dibekali AirTriggers. AirTriggers sendiri adalah tombol di “pundak” ponsel yang berupa sensor yang dapat diatur fungsinya. Sensor ini dapat diaktifkan hanya dengan sentuhan jari, layaknya tombol ponsel biasa.

Ponsel gaming Asus ini sangat memperhatikan kenyamanan pengguna sehingga ROG Phone mempunyai dua lubang charging. Satu lubang terletak disisi bawah layaknya ponsel pada umumnya, sedangkan lubang yang lain terletak di sisi samping. Peletakan lubang charging di samping ini agar penggunaan ponsel secara landscape saat gaming tidak terganggu dengan sambungan kabel.

Tampilan Layar Ponsel dan TwinView Dock
Tampilan Layar Ponsel dan TwinView Dock

Tak hanya peletakan lubang charging dan tombol sensor saja yang mengunggulkan ROG Phone dengan ponsel gaming yang lainnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan ponsel ini dijuluki sebagai ponsel gaming yang fiturnya keterlaluan oleh berbagai media. Yakni aksesori TwinView Dock yang dapat mengubah ponsel menjadi gadget layaknya Nintendo DS. Dengan TwinView Dock, pengguna dimanjakan dengan dua layar sekaligus. TwinView Dock sendiri merupakan aksesori yang dilengkapi dengan layar tambahan di bagian bawah. ROG Phone bisa disisipkan di bagian atasnya sehingga pengguna mendapatkan dua layar sekaligus.

Dilengkapi dengan kamera depan dan TwinView Dock, pengguna pun bisa bermain game dan streaming sekaligus.

Tampilan TwinView Dock
Tampilan TwinView Dock

Sama seperti Black Shark, ROG Phone juga memiliki kapasitas baterai sebesar 4,000 mAh. Namun, yang membedakannya dengan Black Shark adalah tambahan kapasitas 6,000 mAh yang dikemas dalam aksesori pendingin ponsel. Aksesori cooling yang bernama AeroActive Cooler ini dapat dipasang untuk mendinginkan ponsel sehingga gaming pun bisa menjadi lebih tahan lama.

Baca Juga: Xiaomi Mi 8, Ponsel Jiplakan iPhone X Tergamblang

Spesifikasi ROG Phone

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari ROG Phone.

  • CPU: Speed-Binned 2.96GHz Qualcomm Snapdragon 845
  • GPU: Qualcomm Adreno 630
  • Display: 6-inch, 18:9 (2160 x 1080) OLED panel with 90Hz refresh rate
  • Dimensi: 158.8 mm x 76.2 mm x 8.6 mm
  • Berat: 200g
  • Baterai: 4,000 mAh
  • Memori: 8GB RAM
  • Storage: 128 GB / 512 GB
  • Wireless: 802.11ad Wi-Fi dan Bluetooth 5
  • Audio: dual stereo speakers di depan; 24-bit/192kHz DAC; DTS Headphone:X 7.1-channel virtual surround sound; AptX support.
  • Kamera: 12MP + 8MP 120°  wide angle (depan); 8MP (belakang)
Bisa Digunakan untuk Gaming di Dekstop
Bisa Digunakan untuk Gaming melalui Dekstop

Asus ROG Phone hanya sebatas dipulikasikan wujud dan fiturnya di Computex 2018. Untuk tanggal perilisan sendiri Asus masih belum mempublikasikannya, sama halnya dengan harga ponsel beserta asesorisnya. Namun, ponselnya sendiri diduga akan dirilis di kuartal ketiga tahun 2018 ini.