Asus ZenBook Terbaru Mengganti Touchpad dengan Touchscreen

Tertanindo – Tidak hanya memamerkan Asus ROG Phone sebagai produk baru andalannya, Asus juga mengarisbawahi laptop seri ZenBooknya yang terbaru dalam acara Computex di Taipei. Asus ZenBook sendiri merupakan seri laptop milik Asus yang mengusung desain minimalis dengan ketebalan tipis. Singkat kata, dengan fitur dan spesifikasi hardwarenya, ZenBook adalah seri laptop premium milik Asus.

Asus ZenBook Terbaru Mengganti Touchpad dengan Touchscreen
Asus ZenBook Terbaru Mengganti Touchpad dengan Touchscreen

Seri terbarunya adalah ZenBook Pro 14 dan ZenBook Pro 15. Yang menjadi ketertarikan utama dari laptop premium tersebut adalah absennya touchpad yang digantikan oleh touchscreen. Saat tidak aktif, touchscreen tersebut telihat seperti touchpad laptop biasanya. Namun saat di-tap, maka akan muncul menu launcher.

Meningkatkan Multitasking Laptop

Penggantian touchpad dengan touchscreen tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas laptop dalam multitasking. Touchscreen yang dijuluki oleh Asus sebagai ScreenPad tersebut berukuran 5.5 inci. ScreenPad berfungsi sebagai layar kedua laptop yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan dan mengoperasikan berbagai macam aplikasi lainnya seperti kalkulator, video, pemutar musik, dan kalender. Selain itu, layaknya touchpad, ScreenPad juga bisa digunakan untuk menavigasi layar utama ZenBook Pro dan sebagai layar perintah untuk program-program Microsoft Office.

Pemutar Musik dalam ScreenPad
Pemutar Musik dalam ScreenPad

Untuk Tiga Profesional

Asus ZenBook Pro 15 sendiri didesain dengan mengutamakan kebutuhan 3 profesi profesional, yakni pembuat video, fotografer, dan desainer 3D. Seri 15nya mengusung layar 15.6 inci 4K UHD NanoEdge dengan Delta E<2 Color Accuracy. Prosesornya sendiri menggunakan Intel Core i9 yang dilengkapi dengan memori  16GB, 1TB PCIe SSD, dan kartu grafis GTX 1050 Ti. ZenBook Pro 15 yang mempunyai ketebalannya hanya 18.9mm dan berbobot 1.88kg ini akan meluncur di pasar di pertengahan bulan Juli mendatang.

Asus ZenBook 15 dan 14
Asus ZenBook 15 dan 14

Varian layar 14 incinya juga mempunyai ScreenPad dengan ukuran 5.5 inci dan prosesor Intel Core i7, memori 16GB, 1TB PCIe SSD dan GTX 1050 MAX-Q GPU. Tentunya ketebalan dan bobotnya lebih kecil dibandingkan seri 15 incinya, yakni 17.9 mm dan 1.6 kg.

Kedua seri terbaru ZenBook tersebut mengadaptasi desain terbaru “engsel” laptop Asus yang disebut sebagai ErgoLift. Desain ErgoLift ini membuat keyboard laptop naik hingga 5.5 derajat dari permukaan datar ketika dibuka. Sudut tersebut diharapkan dapat memberi kenyamanan ekstra kepada pengguna laptop saat mengoperasikannya.