Cara Membersihkan Pipa Wastafel Rumah dengan Mudah

Cara Membersihkan Pipa Merawat rumah terkadang memang bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi demi menjaga fungsi perabot dan peralatan rumah tangga agar tetap berjalan seperti biasa. Salah satunya yang perlu terus Anda perhatikan dan rawat kebersihannya adalah saluran pipa wastafel rumah. Saat mampet, kegiatan Anda keseharian seperti mencuci piring bisa jadi terhambat, yang tentunya akan mempengaruhi jalannya kegiatan yang lain.

Tips dan Cara Membersihkan Pipa Wastafel

Cara Membersihkan Pipa Wastafel Rumah dengan Mudah

Membersihkan pipa wastafel nampak ribet, sehingga tak jarang banyak yang mengabaikan kebersihannya. Hal tersebut kemudian berujung pada mampetnya saluran pipa. Anda pun memakan lebih banyak dana untuk memanggil bantuan sang ahli.

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk melakukan perawatan rutin agar pipa wastafel rumah tetap bersih. Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengocek kantong dalam-dalam. Menggunakan bahan sederhana yang mudah dijumpai, Anda bisa tetap menjaga kebersihan pipa wastafel.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan pipa wastafel rumah.

Cara Membersihkan Pipa Wastafel Rumah dengan Mudah

Membersihkan dinding pipa dari minyak

Ketika tiap harinya dialiri oleh air kotor, dinding pipa akan semakin licin dari hari kehari. Untuk menghilangkan “minyak” di dinding pipa tersebut, Anda cukup menggunakan sabun cuci cair dan air panas. Langkah-langkah lengkap yang bisa Anda tempuh adalah sebagai berikut.

Masak 2 liter air (8 gelas air) hingga mendidih menggunakan baskom atau panci. Masukkan sabun cuci piring cair sejumlah 3 sendok makan (45 ml) dalam air yang sedang mendidih. Kemudian matikan api kompor dan bawa campuran air mendidih dengan sabun tersebut ke wastafel yang ingin Anda bersihkan.

Tuangkan air sabun mendidih tersebut ke saluran pipa pembuangan di wastafel Anda. Jika pipa wastafel Anda terbuat dari stainless, Anda bisa langsung menuangkan air selagi mendidih. Namun, jika jenis pipa wastafel Anda adalah pipa pvc, sebaiknya Anda mendinginkan air terlebih dahulu selama 4 sampai 5 menit sebelum menuangnya.

Baca Juga : Cantiknya Suar Table Dengan Sentuhan Rustic

Bersihkan pipa dari air sabun mendidih tersebut dengan membilasnya menggunakan air panas. Jika wastafel Anda dilengkapi dengan pilihan kran air panas, langsung bilas menggunakan air panas dari kran. Jika tidak, gunakan air panas yang sudah Anda didihkan sebelumnnya. Untuk “minyak” yang membandel, ulangi proses ini beberapa kali hingga pipa bersih.

Membersihkan pipa dari sampah makanan

Tak jarang sisa-sisa makanan dari piring yang aka dicuci luput untuk dibuang. Pada akhirnya, sisa-sisa makanan tersebut akan menumpuk dalam saluran pipa dan bisa membuatnya macet. Anda pun perlu membersihkannya secara reguler.

Untuk mengambil sisa-sisa makanan tersebut, Anda bisa menggunakan alat sedot wc atau plunger. Dengan menggunakan air, Anda bisa dengan mudah mengangkat sisa-sisa makanan dalam pipa wastafel. Berikut paparan langkah-langkah yang bisa Anda tempuh.

Sumbat lubang pipa pembuangan westafel. Kemudian penuhi wastafel dengan air hingga mencapai tinggi setengah wastafel. Perlu Anda perhatikan bahwa tinggi air harus lebih tinggi dari karet plunger wc agar sisa-sisa makanan bisa “dihisap” keluar.

Masukkan plunger wc dalam air dan tutup lubang pipa menggunakan plunger tersebut. Tekan plunger untuk menghisap udara di dalamnya. Kemudian tekan plunger ke atas dan ke bawah untuk memastikan bahwa yang Anda tekan untuk masuk bukanlah udara, melainkan air. Air yang dipaksa tersebut akan menghanyutkan sisa-sisa makanan yang menghambat pipa wastafel Anda.

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah “membilas” saluran pipa menggunakan air panas. Tuangkan air mendidih secara perlahan langsung pada saluran pipa wastafel.

Anda bisa melakukan langkah-langkah di atas untuk membersihkan pipa wastafel secara reguler. Perlu diingat, jangan menunggu saluran terhambat. Paling tidak bersihkan satu bulan sekali untuk menjaga kebersihan dan kelancaran pipa wastafel dalam membuang aliran air.