Cara Unreg SIM Card dan Mengecek Statusnya

Tertanindo – Sejak Oktober tahun lalu, Kemkominfo telah menerapkan kebijakan baru yang mewajibkan semua pengguna kartu ponsel prabayar untuk registrasi menggunakan NIK dan KK. Masyarakat juga telah diberi batasan untuk melakukan registrasi yang cukup longgar mengingat SIM card akan diblokir secara bertahap selama 2 bulan. Sayangnya tanggal pemblokiran bertahap tersebut telah lewat. Pada tanggal 1 Mei 2018 lalu, nomor prabayar yang belum didaftarkan menggunakan NIK dan KK diblokir secara total.

Cara Unreg SIM Card dan Mengecek Statusnya
Cara Unreg SIM Card dan Mengecek Statusnya

Kebijakan ini pada praktiknya tidak semudah kedengarannya. Banyak pihak yang tidak bisa registrasi ulang karena NIKnya telah digunakan oleh orang lain mengingat tiap NIK hanya mampu digunakan untuk registrasi 3 SIM card saja. Oleh karena itu, bagi Anda yang mempunyai lebih dari 3 SIM card yang telah didaftarkan menggunakan NIK, maka dianjurkan untuk memberhentikan penggunaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan unreg SIM card.

Cara Unreg SIM Card

Tiap-tiap operator mempunyai layanan unreg tersebut. Namun cara untuk melakukannya tidaklah sama. Berikut cara unreg SIM card yang telah terlanjur diregistrasi menggunakan NIK.

Telkomsel: dial kode USSD *444# dan pilih opsi ketiga, yakni UnReg. Masukkan NIK dan kirim.

XL Axiata: kirim SMS ke 4444 dengan format UNREG#nomor ponsel (contoh: UNREG#08847569340) atau dengan dial kode USSD *123*4444#

Tri: kunjungi website Tri dengan tautan registrasi.tri.co.id, pilih Unreg, masukkan data yang akan diunreg (nomor ponsel dan NIK), masukkan kode rahasia yang telah dikirim melalui SMS, centang kotak I’m not robot, klik kirim

Indosat Ooredoo: kirim SMS ke 4444 dengan format UNPAIR#nomor ponsel (contoh: UNPAIR#08847569340)

Smartfren: kirim SMS ke 4444 dengan format UNREG#NIK# (contoh: UNREG#3456923856701223#)

Setelah permintaan unreg berhasil dikirim, maka seluruh layanan seperti telepon, SMS, dan data dalam nomer ponsel tersebut akan terblokir dalam kurun waktu maksimal 24 jam. Untuk pertanyaan dan keperluan lain, Anda juga dapat menghubungi layanan contact center 4444.

Baca JugaWifi Tidak Terdeteksi di Laptop? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Unreg SIM Card Sebelum Membuangnya
Unreg SIM Card Sebelum Membuangnya

Cara Cek Status Registrasi

Untuk memastikan bahwa unreg SIM card Anda telah berhasil, maka Anda bisa mengecek status registrasi dari nomor yang telah diblokir tersebut.

Telkomsel: kunjungi laman telkomsel.com/cek-prepaid kemudian masukkan ponsel dan NIK

XL Axiata: dial kode USSD *123*4444*

Tri: kunjungi laman registrasi.tri.co.id/ceknomor atau kirim SMS ke 4444 dengan format “status” (tanpa tanda kutip).

Indosat Ooredoo: kirim SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN

Smartfren: kunjungi laman my.smartfren.com/check_nik.php, kemudian masukkan NIK dan KK.

Tags: