Fitur Stiker WhatsApp: Bisa Menambahkan Stiker Sesuka Hati

Tertanindo – Mengikuti tren fitur aplikasi chatting lainnya, akhirnya WhatsApp menambahkan fitur stiker dalam aplikasinya. Sebelumnya WhatsApp memang hanya memiliki fitur penambahan emoji dan GIF. Aplikasi chatting yang dibeli Facebook ini memang bisa dibilang sangat populer, digunakan oleh berbagai pengguna segala usia di belahan dunia. Namun, sayangnya kurangnya fitur yang dirasa berjiwa muda–seperti stiker–membuat banyak pengguna muda yang enggan menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi chatting utamanya.

Baca Juga: Google Akhirnya Ubah Emoji Pistol Android

Banyak yang ingin WhatsApp menambahkan fitur stiker. Pada akhirnya WhatsApp pun mewujudkan keinginan tersebut. Fitur stiker Whatsapp sudah dapat dinikmati oleh pengguna aplikasi WhatsApp versi beta. Sedangkan untuk pengguna aplikasi versi reguler, fitur tersebut akan dirilis beberapa minggu ke depan.

Fitur Stiker WhatsApp Bisa Menambahkan Stiker Sesuka Hati
Fitur Stiker WhatsApp Bisa Menambahkan Stiker Sesuka Hati

Variasi stiker yang disediakan WhatsApp memang jumlahnya tidak bisa disandingkan dengan stiker milik aplikasi chatting LINE. WhatsApp hanya menyediakan segelintir stiker saja. Namun sebagai gantinya, WhatsApp mengizinkan siapa saja untuk mengunggah kreasi stikernya. Sayangnya, cara untuk mengunggah stiker tidak semudah seperti yang diberlakukan di aplikasi chatting Telegram.

Cara Menambahkan Stiker WhatsApp

Seperti yang dijelaskan di laman resmi WhatsApp faq.whatsapp.com, stiker harus dikemas sebagai aplikasi Android dan iOS. Aplikasi tersebut kemudian dapat dimasukkan dalam Playstore atau AppStore agar pengguna WhatsApp dapat mengunduhnya yang kemudian menggunakan stiker dalam aplikasi tersebut untuk aplikasi WhatsApp mereka.

Cara ini memang lebih luwes dibandingkan stiker LINE, namun juga lebih ketat dibandingkan Telegram. Seperti yang Anda ketahui, stiker dalam LINE harus melalui seleksi oleh pihak LINE sendiri, yang kebanyakan merupakan stiker berbayar. Sedangkan stiker dalam Telegram bisa langsung ditambahkan dengan begitu mudah oleh siapa saja, sehingga kasus plagiarisme stiker dan padanan kualitas stiker masing-masing tidak konsisten.

Tampilan Penggunaan Stiker WhatsApp di perangkat iOS dan Android
Tampilan Penggunaan Stiker WhatsApp di perangkat iOS dan Android

Cara yang ditempuh WhatsApp ini diharapkan mampu untuk menambah variasi stiker yang dapat digunakan, dengan mengajak pengguna WhatsApp khususnya desainer untuk turut berpartisipasi. Cara ini juga diharapkan dapat memberikan moderasi yang cukup untuk menghindarkan kasus plagiarisme stiker dan juga menjaga kualitas stiker yang ada.

Baca Juga: Fitur Terbaru WhatsApp: Group Video Call dan Stiker

Kabar penambahan fitur stiker WhatsApp ini telah diumumkan Mei 2018 lalu melalui Konferensi Facebook F8. November 2018 kini fitur stiker telah dapat digunakan, setidaknya untuk pengguna aplikasi beta WhatsApp.