Fitur Terbaru Spotify, Bebas Pilih Lagu Bagi Pengguna Gratis

Tertanindo – Bertambahnya ragam layanan streaming musik membuat Spotify melakukan pembaruan terhadap layanannya. Tak tanggung-tanggung, pembaruan tersebut diperuntukkan bagi pengguna gratis (free user). Salah satu wujudnya adalah fitur terbaru Spotify dalam memilih lagu bagi pengguna gratis untuk playlist tertentu.

Bebas Pilih Lagu dalam 15 Playlist

Pengguna gratis Spotify, yang tidak berlangganan setiap bulannya, akhirnya bisa memilih lagu dengan bebas tanpa lagi terikat dengan shuffle yang tidak bisa dimatikan. Kebebasan memilih lagu ini berlaku untuk 15 playlist. Playlistplaylist tersebut berisikan lagu-lagu yang telah dipilih oleh Spotify berdasarkan aktivitas pengguna. Total 15 playlist tersebut termasuk Daily Mix, Today’s Top Hits, Discover Weekly, Release Radar, hingga playlist yang berisikan lagu-lagu yang sesuai dengan selera musik yang sedang didengarkan oleh pengguna.

Fitur Terbaru Spotify, Bebas Pilih Lagu Bagi Pengguna Gratis
Fitur Terbaru Spotify, Bebas Pilih Lagu Bagi Pengguna Gratis

Total 15 playlist bebas shuffle tersebut berisikan lagu yang berbeda-beda dengan jumlah hingga 750 lagu untuk tiap pengguna. Hal ini karena playlistplaylist tersebut disusun dengan lagu-lagu berdasarkan histori pengguna masing-masing.

Selain itu, 15 playlist tersebut juga akan mengusung fitur LIKE dan HIDE untuk meningkatkan algoritma Spotify dalam memilah dan memilih lagu yang sesuai dengan selera penggunanya. Fitur LIKE secara otomatis akan menyimpan lagu pada playlist Favorites, sedangkan fitur HIDE untuk menyembunyikan lagu yang tidak ingin pengguna dengarkan.

Fitur Hemat Data saat Streaming

Karena pengguna gratis yang terikat dengan shuffle, iklan, dan absennya fitur unduh, Spotify akhirnya menghadirkan fitur Data Saver. Fitur terbaru Spotify ini dapat diaktifkan untuk mengoptimalkan aplikasi ponsel Spotify agar tidak memakan banyak data saat streaming. Fitur Data Saver ini mampu menghemat hingga 75% data ponsel pengguna.

Tak hanya pilihan Data Saver yang bisa diaktif dan nonaktifkan, pengguna gratis juga bisa menikmati kemampuan aplikasi untuk cache lagu. Dengan cache, jumlah data ponsel untuk streaming bisa lebih hemat.

Bersaing dengan Apple Music

Apple Music
Apple Music

ilansir oleh TIME, tambahan fitur terbaru Spotify untuk pengguna gratis ini diduga karena Spotify ingin memantapkan posisinya sebagai layanan streaming musik, melihat Apple Music tumbuh secara perlahan. Layanan streaming musik milik Apple dilansir telah mencapat 71 juta pelanggan berbayar meski hanya baru didirikan 3 tahun lalu, pada tahun 2015. Angka tersebut dianggap tinggi, mengingat Apple Music yang baru berumur 3 tahun dan tidak menyediakan opsi bagi pengguna gratis layaknya Spotify.