Goo.gl Ditutup, Ini Dia 4 Alternatif Layanan Penyingkat URL

Tertanindo – Mulai tanggal 13 April lalu, layanan penyingkat URL (URL shortener) milik Google, Goo.gl sudah tidak dapat digunakan umum. Layanan tersebut pun akan ditutup secara permanen satu tahun kedepan. Google memang telah dikenal sebagai perusahaan teknologi raksasa yang terus mencoba buka-tutup berbagai layanan baru, tak terkecuali Goo.gl. Meskipun digunakan oleh berbagai pengguna, Google tetap memutuskan untuk menutup layanan penyingkat URLnya.

Goo.gl Ditutup, Ini Dia 4 Alternatif Layanan Penyingkat URL
Goo.gl Ditutup, Ini Dia 4 Alternatif Layanan Penyingkat URL

Kendati menjadi favorit banyak orang, Goo.gl bukanlah satu-satunya layanan penyingkat URL yang dapat dipercaya. Masih banyak beragam pilihan alternatif Goo.gl di luar sana. Berikut beberapa alternatif penyingkat URL yang bisa menggantikan Goo.gl.

Bit.ly

Sebelum Goo.gl menjadi pilihan banyak orang, terdapat layanan URL shortener yang lebih dikenal lebih dulu. Tak lain tak bukan adalah Bit.ly. Melalui homepage utamanya, pengguna dapat dengan mudah copy-paste URL yang ingin disingkat. Sama seperti Goo.gl, Bit.ly tidak mengharuskan penggunanya untuk registrasi.

Bit.ly, Alternatif Goo.gl Rekomendasi Google
Bit.ly, Alternatif Goo.gl Rekomendasi Google

Namun, dengan registrasi pengguna akan mendapatkan fitur yang lebih banyak, misalnya karakter URL yang dapat diedit menjadi nama, dan kemampuan untuk melacak performa URL. Telah lama berkecimpung dalam layanan URL shortener membuat Bit.ly menjadi alternatif Google yang dapat diandalkan. Bahkan pihak Google sendiri merekomendasikan Bit.ly sebagai alternatif layanan yang ditutupnya.

TinyURL

Selain Bit.ly, layanan penyingkat URL lain yang telah hadir sejak lama adalah TinyURL. Tak hanya meningkat URL panjang, TinyURL juga mampu mengedit karakter URL menjadi nama gratis tanpa harus registrasi. Keunggulannya tak hanya berhenti disitu saja karena TinyURL juga hadir dalam bentuk Extension untuk browser Google Chrome dan Mozilla. Dengan begitu, Anda bisa menyingkat URL dengan cepat tanpa harus membuka dulu websitenya.

Branch.io

Beda dengan yang lain, Branch.io memiliki keunggulan yang lebih. Layanan penyingkat URL satu ini menyadari peran penting kemudahan akses URL secara mobile melalui ponsel. Oleh karena itu, Branch.io mampu membuat deep links, berintegrasi dengan aplikasi ponsel, dan link tracking.

Semua fitur tersebut dilengkapi dengan tool penyingkat URL, sehingga memudahkan penerapan strategi mobile SEO Anda. Namun, kelengkapan fitur tersebut menyebabkan layanan Branch.io hanya bisa digunakan oleh pengguna premiumnya. Dengan kata lain, Branch.io bukanlah layanan URL shortener gratis.

S.id

Pilihan yang terakhir ini adalah layanan penyingkat URL yang dikelola oleh Pengelola Domain Indonesia (Pandi). Seperti yang bisa Anda bandingkan dengan penyingkat URL lainnya, S.id memiliki karakter terpendek, hanya 3 karakter saja. Sehingga membuat S.id menyebut layanannya sebagai layanan URL shortener yang paling pendek.

S.id, URL Shortener Milik Pandi
S.id, URL Shortener Milik Pandi

Sama seperti Bit.ly, S.id memperbolehkan pengguna untuk menggunakannya secara cuma-cuma. Pengguna perlu melakukan registrasi untuk dapat menikmati fitur yang lain seperti tracking dan menyunting karakter. Registrasi tersebut juga tidak akan memakan biaya. Sehingga pengguna dapat menikmati layanannya secara cuma-cuma hanya dengan mendaftarkan diri.