Honor 9 Lite, Ponsel Fotografi Unggul dengan Dual Kamera Depan Belakang

Tertanindo – Persaingan pasar ponsel di Indonesia terus mengetat. Tiap-tiap perusahaan ponsel terus menerus berinovasi mengeluarkan produk terbarunya untuk menjadi yang terdepan. Meski pasar ponsel di Indonesia mayoritas telah dikuasai oleh pemain lama, hal tersebut tak mengurungkan niat perusahaan ponsel baru untuk mencoba peruntungan. Pada akhir bulan Maret kemarin, perusahaan ponsel asal Cina, Honor, akhirnya masuk ke Indonesia secara resmi dengan membawa 3 produk ponselnya. Diantara 3 ponsel tersebut, yang paling menarik minat warga Indonesia sendiri adalah Honor 9 Lite.

Peluncuran resmi 3 ponsel Honor di Indonesia digelar di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 27 Maret 2018 lalu. 3 ponsel yang diboyong adalah Honor 9 Lite, Honor 7x, dan Honor View 10. Tiap ponsel mempunyai keunggulannya sendiri-sendiri. Harganya pun berbeda dari satu dengan yang lain.

Honor 9 Lite unggul pada sektor fotografi, Honor 7x unggul pada spesifikasi, sedangkan Honor View 10 unggul pada kemampuan artifical intelligence (AI).

Honor 9 Lite, Ponsel Fotografi Unggul dengan Dual Kamera Depan Belakang
Honor 9 Lite, Ponsel Fotografi Unggul dengan Dual Kamera Depan Belakang

Mayoritas masyarakat Indonesia yang gemar mendokumentasikan momen dengan kamera tentunya tertarik dengan keunggulan Honor 9 Lite. Keunggulan fotografi tersebut tidaklah biasa seperti ponsel lain. Tak hanya mengusung dual kamera di belakang, Honor 9 Lite juga mengusungnya di depan. Dengan kata lain, pengguna ponsel pun bisa dengan mudah mendapatkan gambar swafoto dengan kualitas tinggi layaknya ditangkap menggunakan kamera belakang.

Dual Kamera Tak Hanya di Belakang

Dual kamera depan dan belakang masing-masing mempunyai kekuatan yang sama, yakni 13 MP + 2 MP. Meskipun sama, fitur masing-masing dual kamera depan dan belakang berbeda. Dual kamera depan mengusung gesture control, portrait mode, dan FF focus mode. Sedangkan kamera belakang mengusung wide aperture mode, portrait mode, dan AF/PDAF mode. Sayangnya, LED Flash hanya tersedia di dual kamera belakang saja.

Kekuatan lensa dual kamera Honor 9 Lite mampu mengabadikan momen melalui foto dengan resolusi besar hingga 4160 x 3120 piksel dan video hingga 1920 x 1080 piksel.

Kapasitas dan Chipset

Untuk kapasitas penyimpanan, Honor 9 Lite hanya menyediakan satu pilihan saja, yakni RAM 3 GB dengan ROM 32 GB. Namun, peyimpanannya bisa ditambahkan melalui kartu microSD hingga 256GB.

Tidak seperti ponsel perusahaan lain yang menggunakan chipset Snapdragon, Honor percaya diri dengan mengusung chipset buatan Huawei, yakni chipset Kirin 659 octa-Core (4 x 2,36 Ghz dan 4 x 1,7 Ghz).

Homescreen Honor 9 Lite
Homescreen Honor 9 Lite

Sebagai ponsel yang baru rilis, tentu saja Honor 9 Lite telah menggunakan sistem operasi Android O, face unlock, dan fingerprint scanner. Ponsel ini berukuran 151 x 71,9 x 7,6 mm dengan layar yang lebarnya 5,65 inci 2160 x 1080. Terdapat 3 pilihan warna yang tersedia, yakni Glacier Grey, Midnight Black, dan Sapphire Blue.

Honor 9 Lite dipatok sebesar Rp2.499.000. Sejak awal April, ponsel ini telah tersedia melalui marketplace Shopee. Beberapa kali flash sale telah diadakan, dan produk ponsel Honor selalu habis terjual. Pembelian melalui flash sale Shopee akan mendapatkan potongan sebesar Rp200.000. Saat artikel ini ditulis, semua produk Honor di Shopee telah habis terjual.

Dijuluki Pesaing Redmi Note 5

Karena harga 2 jutaan yang ditargetkan untuk segmen kelas menengah, Honor 9 Lite telah banyak dijuluki sebagai pesaing Redmi Note 5 milik Xiaomi yang baru saja rilis. Tak hanya harga saja, spesifikasi lain seperti dual kamera pun juga membuat keduanya sebagai saingan yang seimbang.

Honor 9 Lite (kiri) dan Redmi Note 5 (kanan)
Honor 9 Lite (kiri) dan Redmi Note 5 (kanan)

Namun, banyak juga yang menganggap bahwa Honor 9 Lite lebih unggul dengan dual kamera depan belakangnya dan case belakang yang terbuat dari kaca. Case kaca tersebut membuat ponsel ini terlihat lebih elegan dan premium dibandingkan dengan case belakag Redmi Note 5 yang terbuat dari logam.

Meskipun begitu, Redmi Note 5 juga mempunyai keunggulan di hal lain. Yakni chipset Snapdragon yang diusung sekaligus daya baterainya yang besar. Redmi Note 5 mempunyai kapasitas baterai 4000 mAh, sedangkan Honor 9 Lite hanya sebesar 3000 mAh.