Ketahui Seberapa Lama Main Facebook dan Instagram dengan Tool Resmi Ini

Tertanindo – Lumrah rasanya melihat orang-orang begitu fokus dengan ponselnya. Baik di tempat umum maupun di rumah, banyak yang “meluangkan” waktunya untuk bermain media sosial. Berita terbaru dan interaksi tanpa batas membuat media sosial menjadi candu. Jika Anda salah satunya, apakah Anda pernah bertanya-tanya, kira-kira seberapa lama waktu yang telah Anda habiskan untuk bermain-main di media sosial?

Ketahui Seberapa Lama Main Facebook dan Instagram dengan Tool Resmi Ini
Ketahui Seberapa Lama Main Facebook dan Instagram dengan Tool Resmi Ini

Pertanyaan tersebut pun disambut oleh Facebook dengan meluncurkan sebuah tool baru yang mengukur seberapa lama Anda menghabiskan waktu di platform besutan Mark Zuckerberg itu. Tidak hanya Facebook, Instagram yang merupakan anak usaha Facebook yang telah lama diakuisi juga meluncurkan tool serupa.

Cara mengetahui seberapa lama Anda di Facebook dan Instagram

Sayangnya, tool baru ini hanya bisa diakses melalui aplikasi Android dan iOS. Sehingga hasil rentang waktu yang ditampilkan pun hanya dihitung berdasarkan penggunaan Anda terhadap aplikasi Android atau iOSnya. Berikut langkah mudah yang bisa Anda tempuh untuk mengakses tool ini.

Baca Juga: Facebook Analytics, Pantauan Analisa Facebook Telah Hadir dalam Genggaman

Facebook

  1. More
  2. Settings and Privacy
  3. Scroll ke bawah hingga Your Time on Facebook

Anda akan dapat melihat seberapa lama waktu yang Anda habiskan di Facebook berupa skema grafik dalam rentang waktu 1 minggu. Waktu yang terpampang adalah menit hingga jam yang Anda habiskan di Facebook. Terdapat pula rata-rata waktu yang bisa Anda habiskan tiap harinya.

Instagram

  1. Your Account
  2. More
  3. Settings
  4. Your Activity

Sama seperti tampilan di Facebook, Anda juga akan menjumpai skema grafik yang menunjukkan waktu yang Anda habiskan dalam menggunakan Instagram.

Tidak akurat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tool baru ini hanya bisa menghitung waktu Anda bermain di Facebook dan Instagram berdasarkan penggunaan aplikasi Android atau iOS. Sehingga waktu yang Anda habiskan di Facebook dan Instagram melalui desktop (laptop/komputer) tidak akan terhitung. Kekurangan tool ini tentunya sangat vital jika Anda tidak hanya menggunakan aplikasi ponsel dalam mengakses Facebook dan Instagram, tapi juga dekstop.

Saat ditanyai mengenai hal ini, pihak Facebook menjawab bahwa perhitungan akses melalui dekstop atau www (world wide web) juga akan ditambahkan ke depannya. Untuk saat ini, Facebook ingin mengawali tool  dengan pengukuran akses aplikasi ponsel karena pengguna Facebook lebih banyak menghabiskan waktunya mengakses Facebook melalui aplikasi ponsel dibandingkan melalui dekstop.