Langkah Mudah Cara Membuat QR Code

Tertanindo – Pesatnya perkembangan teknologi menuntut pemain bisnis untuk dapat dengan kreatif menerapkannya dalam bisnisnya. Hal ini dikarenakan masyarakat yang makin melek teknologi, yang pada akhirnya mempengaruhi tuntutan terhadap kemudahan hidup. Salah satu inovasi yang telah cukup banyak diterapkan oleh berbagai pemain bisnis untuk memenuhi tuntuan konsumen tersebut adalah penggunaan QR code.

Apa Itu QR Code?

QR code atau kode QR adalah kode yang berwarna hitam dan putih. Biasanya kode yang perbentuk piksel piksel kecil berwarna hitam, sedangkan latarnya berwarna putih. QR sendiri merupakan singkatan dari quick response.

Langkah Mudah Cara Membuat QR Code
Langkah Mudah Cara Membuat QR Code

Kode-kode ini biasanya mudah ditemukan pada email, billboard, pamflet, dan sebagainya. Anda yang menggunakan aplikasi chat WhatsApp dan memanfaatkan fitur akses websitenya pasti sudah familiar dengan kode ini, karena WhatsApp sendiri menggunakan kode QR untuk memberikan akses melalui website.

Kode QR sendiri berasal dan didesain dari Jepang khusus untuk industri otomotif. Namun, kode tersebut kemudian diadaptasi karena kemampuannya untuk menampung banyak data. Oleh karena itu, kode ini sering digunakan oleh pemilih bisnis dalam kepentingan marketing. Kode QR dapat menjembatani dunia nyata dengan dunia digital.

Konsumen yang menemukan kode QR dapat dengan mudah memindai dengan ponsel untuk mendapatkan informasi dibalik kode tersebut.

Cara Membuat QR Code

Membuat kode QR sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah 1: Pilih Generator Kode QR

Berbagai layanan pembuat kode QR pun banyak tersedia, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Salah satunya yang tanpa membutuhkan biaya adalah GOQR.me.

Hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih generator kode QR adalah fiturnya untuk memantau dan menganalisis performa kode. Selain itu, uniknya desain kode juga turut dipertimbangkan. Dan yang terpenting, apakah kode yang dihasilkan dapat dibaca oleh pemindai kode pada umumnya.

Langkah 2: Pilih Desain dan Sisipkan Data

Anda dapat memilih desain sesuai kebutuhan. Kode bisa didesain untuk terlihat seperti logo bisnis Anda atau juga terlihat seperti desain website Anda.

Contoh berikut menggunakan data sisipan berupa tautan. Selain tautan, Anda juga dapat menyipkan data berupa email, lokasi Google Maps, kontak telepon, teks, dan lain sebagainya.

Pilih Tipe Data yang akan Disisipkan
Pilih Tipe Data yang akan Disisipkan
Paste Tautan dalam Kolom Generator QR Code
Paste Tautan dalam Kolom Generator QR Code
Unduh File Gambar QR Code
Unduh File Gambar QR Code

Setelah selesai, unduh gambar QR code dengan format yang Anda inginkan.