Lebih Mudah Dengar Musik dengan Stations, Aplikasi Terbaru Spotify

Tertanindo – Layanan streaming musik terpopuler, Spotify, telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna berbayar dan 140 juta pengguna aktif. Pada awal tahun 2018, Spotify secara “diam-diam” meluncurkan aplikasinya yang baru untuk perangkat Android. Aplikasi terbaru Spotify ini diberi nama Stations, dengan fiturnya yang memudahkan pengguna untuk mendengarkan lagu dalam “stasiun” musik dan playlist yang disusun berdasarkan histori penggunanya.

Minim Fitur dengan Kemudahan Maksimal

Stations dapat diakses oleh pengguna gratis maupun berbayar, karena telah didukung dengan iklan di dalamnya. Untuk pengguna berbayar sendiri, iklan akan dihapus ketika menggunakan Stations. Absen tidaknya iklan sepertinya hal satu-satunya yang membedakan fitur yang dapat dinikmati oleh pengguna gratis dan pengguna berbayar. Meskipun pengguna berbayar bisa menikmati fitur lain seperti skip lagu di aplikasi Spotify, pengguna berbayar akan menikmati fitur yang sama dengan pengguna gratis dalam Stations. Dalam Stations, pengguna hanya bisa menyukai lagu (LIKE dengan ikon hati) dan play/pause. Fitur LIKE akan dapat meningkatkan algoritme dalam menambahkan lagu sesuai dengan selera musik masing-masing pengguna.

Tampilan Stations by Spotify
Tampilan Stations by Spotify

Selain absennya fitur skip, Stations juga tidak membuat penggunanya untuk mengetik dalam kotak pencarian untuk menemukan playlist yang diinginkan. Hal ini digantikan dengan user interface Stations yang mudah diakses. Tiap playlist terpampang dalam daftar nama dengan font besar, tanpa disandingi gambar seperti pada aplikasi utama Spotify. Dengan begitu, pengguna hanya tinggal menggulung (scroll) layar kebawah atau keatas untuk menemukan playlist yang diinginkan dengan cepat.

Untuk Pengguna Anti-Repot

Minimnya fitur serta user interface yang accessible dalam aplikasi terbaru Spotify ini memang sengaja dihadirkan untuk memudahkan pengguna untuk mendengarkan musik tanpa bingung memilihnya. Hal ini sesuai dengan deskripsi Stations yang tertulis pada halaman Google Play Store.

“Ketika memiliki akses pada semua musik di dunia, menemukan mana yang tepat untuk didengarkan bisa jadi tantangan. Dengan Stations, Anda bisa mendengarkan musik secara langsung, mengganti stasiun secara instan tanpa harus mengetik. Saat Anda mendengarkan musik, Stations mempelajari apa yang Anda suka, dan membuat stasiun khusus untuk Anda.”

Tampilan Aplikasi Terbaru Spotify
Tampilan Aplikasi Terbaru Spotify

Aplikasi Eksperimen

Meskipun fiturnya yang menarik bagi pengguna Spotify, Stations hanya bisa digunakan di negara Australia saja. Selain itu, aplikasi terbaru Spotify ini masih belum tersedia untuk perangkat iOS. Terbatasnya akses Stations ini mungkin memang berhubungan dengan fakta bahwa Stations masih merupakan aplikasi eksperimen semata. Belum jelas apakah Spotify akan segera menghadirkan Stations untuk seluruh pengguna Spotify.