Mengenal Website Builder, Pilihan Mudah Memulai Bisnis Online

Tertanindo – Kepemilikan website sekarang telah menjadi faktor penting untuk kelangsungan bisnis. Ketika Anda berniat untuk membuat website, banyak sekali istilah teknis yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Mungkin salah satu istilah yang Anda temukan adalah website builder. Istilah tersebut pada umumnya akan muncul dalam pencarian macam-macam pembuatan website. Jadi apakah website builder sebenarnya?

Mengenal Website Builder, Pilihan Mudah Memulai Bisnis Online
Mengenal Website Builder, Pilihan Mudah Memulai Bisnis Online

Secara umum, website builder adalah all-in-one tools yang dapat membantu penggunanya untuk membuat website dengan cepat. Pengguna pun tidak perlu memahami coding maupun mempunyai skill untuk mendesain website.

Meskipun kepraktisan sering diasosiasikan dengan kualitas standar, website builder yang berkualitas dapat membuat website dengan tampilan profesional yang sesuai untuk bisnis. Bahkan website yang dihasilkan pun lengkap dengan mobile-friendly (dapat menyesuaikan tampilan dengan layar ponsel), intergrasi dengan media sosial hingga tool e-commerce, hingga mempunyai keamanan yang baik.

Website builder mayoritas menawarkan harga yang terjangkau untuk pembuatan website yang praktis, sehingga digemari oleh para penggiat bisnis atau mereka yang baru pertama kali membuat website.

Digemari Banyak Pihak

Tentunya harga terjangkau dan kepraktisan website builder tidak untuk semua. Namun, layanan tersebut merupakan pilihan yang sesuai bagi mereka yang:

  • ingin mempunyai website dengan cepat
  • tidak memiliki kemampuan seputar teknologi dan tidak mempunyai waktu untuk belajar lebih dahulu
  • takut melakukan kesalahan dalam membuat website pertamanya
  • ingin update website diselesaikan oleh pihak lain
  • mempunyai budget rendah

Website builder berkualitas menyediakan banyak pilihan templates atau tema website untu berbagai kepentingan. Mulai dari blogger, bisnis skala kecil, retail online, hingga company profile. Dengan begitu penggunaannya sesuai untuk siapa saja yang ada dalam situasi diatas.

Tidak Sesuai untuk Semua

Meskipun mempunyai banyak poin keuntungan yang bisa didapat, website builder juga memiliki kelemahan sehingga tidak disarankan untuk digunakan jika Anda membutuhkan:

  • kode dan fungsi website yang dapat disunting
  • tema yang dapat disunting secara menyeluruh
  • server yang dapat memuat website Anda dengan cepat
  • akses reguler ke situs backup.

Jika apa yang Anda butuhkan adalah salah satu hal diatas, maka lebih baik Anda membutuhkan CMS seperti WordPress atau bahkan memakai jasa pembuatan website profesional.

Baca Juga: Pentingnya Online Channel Management di Era Digital Saat Ini

Operasional Website Builder

Meskipun praktis, website builder masih membutuhkan beberapa hal untuk dapat diakses. Berikut adalah gambaran kasar dari operasional website builder.

Anda akan membutuhkan nama domain untuk website yang Anda buat. Untuk beberapa website builder, Anda juga bisa mendapatkan nama domain di layanan yang sama. Jika tidak, maka Anda pun perlu membelinya melalui layanan yang lain.

Selanjutnya yang Anda butuhkan adalah layanan hosting website, dimana konten website Anda tersimpan. Layanan website builder mayoritas mempunyai hosting website dalam paket pilihannya, sehingga Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih Tema dengan Desain yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
Pilih Tema dengan Desain yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Menggunakan website builder berarti Anda dapat menyusun elemen-elemen berikut untuk menjadi website sesuai keinginan Anda.

  • Tema. Pilih tampilan website dengan desain yang sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk memastikan tema yang Anda pilih mempunyai navigasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti header atas, header samping, image slider, dsb.
  • Halaman. Website minimalis pun membutuhkan beberapa halaman standar seperti homepage, tentang, kontak informasi, dan konten Anda (baik produk yang dijual, tulisan artikel, portfolio, dsb). Website bisnis biasanya juga menyediakan halaman khusus untuk memuat ulasan konsumen dan FAQ.
  • Favicon adalah gambar ikon kecil yang muncul di tab browser saat Anda mengakses website. Terletak sebelum judul dari website. Website untuk bisnis biasanya menggunakan logo sebagai favicon mereka.
  • E-commerce tools. Jika Anda membutuhkan website untuk jual beli, maka sudah selayaknya menambahkan fitur e-commerce. Dengan begitu konsumen dapat memilih produk, check out, dan membayarnya tanpa harus menghitung secara manual. Anda sebagai penjual pun dimudahkan dengan sistem inventaris yang berkurang secara otomatis tiap kali terdapat transaksi pembelian. Sistem inventaris tersebut pun bahkan dapat dihubungkan dengan sistem kasir Anda, sehingga inventaris untuk online maupun offline bisa disatukan.
  • Gambar dan Video. Agar website mempunyai tampilan yang sesuai dengan bisnis Anda, maka Anda pun perlu menghiasinya dengan gambar maupun video di dalam tema yang telah Anda pilih.
  • Media Sosial. Hubungkan website Anda dengan media sosial sehingga konsumen bisa membagikan URL website hanya dengan menekan satu tombol saja.
  • SEO dan analytics. Penerapan SEO (search engine optimization) dapat memaksimalkan pengunjung website yang bisa menjadi konsumen potensial Anda. Penggunaan tool anaytics juga bisa memudahkan Anda untuk memaksimalkan strategi marketing.