Music Year in Review, Fitur Spotify Wrapped untuk Pengguna Apple Music

Tertanindo – Mempunyai direktori lagu lengkap dengan fiturnya yang membuat para penggunanya betah, Spotify telah menjadi aplikasi streaming musik favorit di seluruh dunia. Meskipun bukan satu-satunya, tidak dapat dipungkiri jika Spotify merangkul pasar aplikasi streaming musik cukup besar. Salah satu pesaingnya yang juga memilii fitur dan kelengkapan mumpuni adalah Apple Music.

Music Year in Review, Fitur Spotify Wrapped untuk Pengguna Apple Music
Music Year in Review, Fitur Spotify Wrapped untuk Pengguna Apple Music

Apple Music memang kerap dijadikan rujukan untuk streaming musik bagi para pengguna perangkat iOS. Meskipun memiliki direktori lagu lengkap untuk bersaing dengan Spotify, Apple Music masih tetap saja memiliki kekurangan yang cukup signifikan. Memang, umurnya yang baru 3 tahun tidak bisa dibandingkan dengan Spotify yang telah dirilis 10 tahun lalu, pada tahun 2008.

Salah satu fitur tahunan yang menjadikan pengalaman mendengarkan lagu melalui Spotify berbeda adalah Spotify Wrapped. Melalui fitur yang “aktif” tiap akhir tahun ini, pengguna bisa melihat rangkuman aktivitas penggunaannya terhadap Spotify.

Ada lagu yang paling sering kita dengar, genre lagu yang paling sering kita pilih, waktu mendengarkan lagu di aplikasi, lagu terlawas yang pernah didengar, lagu yang didengarkan pertama, podcast favorit, hingga artis siapa saja yang paling sering kita dengarkan lagunya.

Fitur tahunan meskipun nampak sepele, dapat memperkuat “kesetian” pengguna terhadap Spotify sebagai aplikasi streaming musik pilihan. Apple Music sayangnya tidak memiliki fitur yang sama, sehingga pengalaman mendengarkan lagu melalui aplikasi luncuran Apple ini tergolong biasa saja.

Baca Juga: Fitur Terbaru Spotify, Bebas Pilih Lagu Bagi Pengguna Gratis

Meskipun secara resmi fitur tersebut belum tersedia, terdapat aplikasi lain yang bernama Music Year in Review menghadirkan fitur Spotify Wrapped tersebut untuk pengguna Apple Music.

Sayangnya, aplikasi yang diluncurkan oleh NoiseHub ini jauh lebih ringkas dibandingkan dengan Spotify Wrapped. Melalui Music Year in Review, Anda hanya bisa mengetahui berapa menit yang dihabiskan untuk mendengarkan artis favorit, 5 lagu dan artis teratas, hingga mana yang menjadi favorit nomer 1 Anda.

Spotify Wrapped Versi Apple Music
Spotify Wrapped Versi Apple Music

Mirip dengan Spotify Wrapped, Music Year in Review juga secara otomatis membuatkan Anda grafis yang berisikan informasi diatas sesuai dengan dimensi ukuran untuk media sosial populer, seperti Twitter dan Instagram. Anda juga bisa mengunduh grafis tersebut untuk disimpan agar nantinya bisa dibagikan di platform lain.

Anda bisa memasang Music Year in Review gratis tanpa bayar melalui App Store.