Tab Explore Instagram Baru untuk Browsing Konten Lebih Cepat dan Tepat

Tertanindo – Setelah diakuisi oleh Facebook, Instagram semakin getol melakukan pembaruan untuk meningkatkan layanannya kepada pengguna. Awal bulan Mei ini, tepatnya pada tanggal 1 hingga 2 Mei, Facebook mengadakan konferensi tahunannya. Konferensi tersebut merupakan konferensi yang diadakan untuk mengumpulkan developer dan entrepreneur yang berkecimpung di dunia bisnis seputar teknologi. Dalam konferensi yang disebut Facebook F8 tersebut, telah diumumkan bahwa tab Explore Instagram akan mengalami pembaruan dalam aplikasinya.

Tab Explore Instagram Baru untuk Browsing Konten Lebih Cepat dan Tepat
Tab Explore Instagram Baru untuk Browsing Konten Lebih Cepat dan Tepat

Browsing Foto dan Video Lebih Cepat

Pembaruan tersebut beruwujud sugesti foto dan video yang dikemas berdasarkan hal-hal yang pengguna minati dalam bentuk channel topik di bagian teratas tab Explore. Dengan begitu, pengguna dapat dengan mudah menemukan tipe konten yang mereka cari.

Terdengar sama memang dengan versi sebelumnya. Tab Explore sebelumnya dapat digulung ke bawah dan ke atas untuk menemukan kumpulan foto dan video yang berhubungan dengan tema yang pengguna minati. Namun, dalam versi barunya, Instagram menyediakan channel topik dalam bentuk tombol persegi yang dapat digulung (scroll) ke kanan dan ke kiri di bagian teratas tab Explore. Pengguna pun dapat dengan mudah dan cepat mencari konten dengan topik tertentu secara lebih cepat.

Tampilan Tab Explore Instagram Baru
Tampilan Tab Explore Instagram Baru

Versi terbaru tab Explore Instagram ini belum dirilis, namun pada hari pertama konferensi Facebook F8, Instagram memberikan cuplikannya.

Tagar dalam Topik Explore Instagram

Tak channel topik yang dihadirkan sebagai tombol di bagian teratas Explore Instagram saja, tiap channel tersebut juga akan menampilkan tagar relevan. Ketika pengguna memilih salah satu channel, misalnya saja “Animals” maka kumpulan tagar relevan akan muncul dibawahnya. Misalnya #catsofinstagram atau #catstagram.

Sugesti tagar dalam Explore dapat memudahkan pengguna untuk menemukan foto dan video yang relevan. Mengingat Instagram telah meluncurkan fitur untuk dapat mengikuti tagar Desember tahun lalu, munculnya sugesti tagar ini pun juga akan semakin mempermudah pengguna untuk menemukan dan mengikuti tagar dengan foto dan video yang tidak ingin dilewatkan.

Baca JugaFitur Terbaru Spotify, Bebas Pilih Lagu Bagi Pengguna Gratis

Tak hanya user interface (UI) saja yang ditingkatkan melalui tambahan channel topik, Instagram juga meningkatkan user experience (UX) dengan tab Explore yang didukung oleh artificial intelligence (AI). Teknologi AI ditambahkan dengan klasifikasi konten untuk mengumpulkan konten dari Instagram yang sesuai dengan minat pengguna. Dengan begitu, foto dan video yang tampil dalam tab Explore Instagram akan terasa lebih personal, sesuai dengan minat dan ketertarikan pengguna masing-masing.