Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Wifi Tidak Terdeteksi di Laptop РTidak seperti komputer, penggunaan laptop lebih digemari. Harganya yang murah dan mudah dibawa kemana saja menjadikan laptop pilihan unggul dibandingkan dengan komputer. Selain itu, laptop pun mempunyai fitur untuk dapat terkoneksi dengan jaringan wifi tanpa repot. Meskipun begitu, laptop juga pasti akan pernah mengalami gangguan untuk dapat terhubung dengan jaringan wifi. Jika laptop Anda salah satunya, maka tidak perlu panik. Penyebabnya beragam, sehingga solusinya pun beragam sesuai dengan penyebabnya. Berikut penyebab wifi tidak terdekteksi di laptop dan solusi untuk mengatasinya.

Wifi yang Belum Dinyalakan

Penyebab satu ini memang terdengar sangat sepele, namun percaya atau tidak, banyak sekali orang panik laptopnya tidak dapat mendeteksi wifi karena memang belum menyalakannya. Tidak heran meskipun jarak laptop dengan jangkauan wifi sangat dekat, laptop masih tidak mendeteksi jaringan wifi.

Tombol Keyboard untuk Menyalakan Wifi
Tombol Keyboard untuk Menyalakan Wifi

Pastikan wifi laptop Anda memang telah menyala. Terkadang tampilan nyala tidaknya wifi pada ikon kecil di taskbar laptop eror, sehingga wifi yang memang belum dinyalakan ditampilkan oleh ikonnya seolah-olah telah menyala. Nyalakan wifi dengan kombinasi tombol keyboard, Fn + F3. Kombinasi tombol keyboard untuk menyalakan wifi berbeda-beda untuk tiap model dan mereknya. Anda harus menekan kombinasi tombol Function (Fn) dengan tombol F yang mempunyai simbol wifi.

Tombol Keyboard yang Rusak

Cara menyalakan wifi yang paling mudah memang menggunakan tombol keyboard, namun bukan berarti cara tersebut adalah cara satu-satunya. Jika tombol keyboard laptop untuk menyalakan wifi Anda rusak, tidak perlu panik. Anda masih bisa menyalakannya dengan cara lain.

Anda bisa menyalakannya melalui menu wifi adapter pada Control Panel. Klik Start > Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change adapter settings. Masuk ke menu Network Connection dan akan tampil beberapa adapter. Untuk mengaktifkan jaringan wifi, klik kanan Wireless Network Connection, lalu pilih Enable.

Baca Juga: Apple Luncurkan iPhone SE 2 Dengan Chipset A10 Fusion, Rumor atau Fakta?

Driver Wifi Bermasalah

Untuk mengendalikan fungsi laptop, maka laptop pun perlu diinstall dengan berbagai macam driver. Tak terkecuali untuk mengendalikan fungsi jaringan wifi. Maka, driver wifi pun perlu diinstal. Jika driver bermasalah atau rusak, tentu jaringan wifi pada laptop pun tidak dapat berfungsi dengan benar.

Contoh Driver CD Salah Satu Merek Laptop
Contoh Driver CD Salah Satu Merek Laptop

Driver tiap-tiap laptop berbeda-beda. Biasanya driver telah Anda dapatkan saat membeli laptop dalam betuk CD. Install ulang driver wifi melalui CD tersebut. Jika CD hilang, maka Anda pun dapat mencari softwarenya dengan melalui Google. Tiap laptop mempunyai driver yang berbeda, sehingga Tertanindo tidak dapat mencantumkannya satu-persatu.

Wifi Card Rusak

Jika solusi untuk mengatasi masalah wifi tidak terdeteksi di laptop Anda di atas masih tidak berhasil, maka kemungkinan besar penyebabnya ada pada wifi card Anda. Wifi card terpasang di dalam laptop, memungkinkan laptop Anda untuk menangkap dan terhubung dengan jaringan wifi.

Wifi Card
Wifi Card

Anda bisa menggantinya dengan membawa laptop Anda ke tempat service komputer. Harga wifi card sendiri bermacam-macam, tergantung dari merek. Namun, Anda pun bisa mendapatkannya hanya dengan harga Rp60.000. Yang menguras biaya sesungguhnya biaya jasa untuk mengganti wifi card tersebut.

Wifi Adapter Portable
Wifi Adapter Portable

Jika Anda mempunyai budget terbatas, Anda pun bisa memilih untuk membeli wifi adapter portable. Tidak seperti wifi card yang harus dipasang di dalam laptop, wifi adapter portable hanya perlu disambungkan melalui lubang USB, layaknya saat Anda membuka dokumen dari flashdisk. Setelah terpasang, maka Anda hanya perlu menginstall drivernya dan laptop pun siap disambungkan dengan jaringan wifi. Harganya sangat murah, mulai dari Rp50.000. Bahkan berbagai toko online menawarkan hanya dengan harga Rp30.000 saja.