Yahoo Messenger Tutup Usia Juli Mendatang

Tertanindo – Yahoo Messenger adalah aplikasi utama pilihan untuk chatting sebelum tergerus oleh aplikasi chatting terbaru lainnya yang sekarang populer seperti LINE dan WhatsApp. Pada akhirnya, Yahoo pun memutuskan untuk menghentikan layanan aplikasi chattingnya yang telah lama beroperasi tersebut. Tanggal 17 Juli mendatang, layanan messaging Yahoo tersebut akan diberhentikan secara total.

Yahoo Messenger Tutup Usia Juli Mendatang
Yahoo Messenger Tutup Usia Juli Mendatang

Squirrel, Pengganti dalam Beta

Meskipun memutuskan untuk menghentikan aplikasi chatting yang masih digemari oleh pengguna setianya, Yahoo masih belum memiliki aplikasi yang bisa menggantikan fungsi Yahoo Messenger. Kendati demikian, Yahoo sedang bereksperimen untuk dapat menghadirkan aplikasi chatting yang bisa memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Untuk saat ini sendiri, Yahoo sedang bereksperimen dengan aplikasi chatting barunya yang hanya bisa diakses melalui undangan, yakni Yahoo Squirrel. Aplikasi tersebut telah dalam masa beta sejak bulan kemarin.

Yahoo Squirrel
Yahoo Squirrel

ID dari Yahoo Messenger sendiri merupakan ID bawaan dari akun Yahoo sehingga meskipun Yahoo Messenger sudah tidak lagi aktif, ID akun Yahoo pengguna akan tetap aktif. Dengan begitu, pengguna pun masih bisa menggunakan layanan Yahoo lainnya, seperti Yahoo Mail.

Unduh Jejak Chatting

Jika pengguna Yahoo Messenger ingin menyimpan jejak chattingnya, maka pengguna bisa mengunduhnya melalui fitur yang telah disediakan. Jejak chatting (archive) tersebut hanya bisa diakses selama 6 bulan kedepan. Dengan kata lain, jika pengguna ingin mengunduhnya saat batas 6 bulan tersebut berlalu, maka jejak chatting pun akan benar-benar menghilang.   Deadline 6 bulan tersebut tepatnya akan berakhir pada akhir bulan November mendatang. Berikut langkah untuk mengunduh jejak chatting Yahoo Messenger.

Baca Juga: Goo.gl Ditutup, Ini Dia 4 Alternatif Layanan Penyingkat URL

  1. Kunjungi URL berikut
  2. Log in
  3. Pilih metode verifikasi kemudian masukan Account Key yang dikirimkan
  4. Klik Download
  5. Masukkan alamat e-mail yang nantinya akan dikirimi oleh file jejak chatting YM kemudian klik OK
  6. Tunggu file masuk ke e-mail tersebut.

Bergabung bersama AOL

Berakhirnya layanan Yahoo Messenger ini pun mengikuti jejak Instant Messenger (AIM). AIM, yang telah beroperasi lebih dari 20 tahun akhirnya diberhentikan pada tahun 2017 lalu. Alasan dibalik penghentian AIM tersebut pun diduga karena preferensi pengguna yang berubah dalam menggunakan aplikasi chatting untuk berkomunikasi. Mereka lebih memilih aplikasi terbaru dengan fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan masa kini, seperti Facebook Messenger, LINE, WhatsApp, Telegram, dan lain sebagainya.

Yahoo sendiri terlah diakuisi oleh perusahaan telekomunikasi raksasa Verizon. Atas kesepakatan yang ada, Yahoo pun digabungkan dengan AOL untuk membentuk sebuah brand media besar yang diberi nama Oath.